Shin Tae-yong Ingin Ubah Strategi saat Timnas U-19 Hadapi Makedonia Utara

  • Whatsapp
Foto: www.kompas.com

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong memastikan bek tengah Ipswich Town Elkan Baggott akan tampil sebagai starter dalam laga persahabatan kontra Makedonia Utara, Minggu (11/10) malam WIB.

“Elkan akan menjadi ‘starter’,” ujar Shin, dikutip dari saluran Youtube PSSI TV, Minggu.

Read More

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, Elkan sudah berlatih secara penuh bersama rekan-rekannya.

Pesepak bola bertinggi badan 194 centimeter itu baru tiba di pemusatan latihan (TC) Timnas U-19 pada Rabu (7/10/2020). Karena kondisinya belum siap penuh, Elkan sama sekali tidak dimainkan dalam laga kontra NK Dugopolje, Kamis (8/10/2020).

Untuk menemani Elkan di jantung pertahanan, Shin memiliki beberapa pilihan seperti Rizky Ridho, Komang Teguh, Komang Tri atau Ahmad Rusadi.

Pertandingan Indonesia U-19 vs Makedonia Utara di Stadion NK Junak Sinj, Split, Minggu (11/10), dan akan disiarkan langsung secara nasional mulai pukul 20.00 WIB. Laga itu menjadi uji coba kesembilan Timnas U-19 selama TC di Kroasia

Sebelumnya, pada Kamis (8/10), David Maulana dan kawan-kawan menaklukkan NK Dugopolje dengan skor 3-0. Dari delapan pertandingan uji coba yang sudah dilewati, Timnas U-19 mencatatkan tiga kemenangan, dua seri dan tiga kekalahan.

TC Timnas U-19 di luar negeri menjadi persiapan menuju Piala Asia U-19 yang rencananya dilaksanakan pada awal tahun 2021 di Uzbekistan.

Setelah Piala Asia U-19, Garuda Muda diproyeksikan tampil pada Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.

Ubah Strategi

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong sudah menyiapkan strategi baru. Akan ada perubahan dibanding laga sebelumnya.

“Melawan Makedonia Utara, kami melakukan persiapan seperti pertandingan sebelumnya. Namun akan ada sedikit perubahan di dalam formasi nanti,” ucapnya dalam rilis PSSI, Sabtu (10/10/2020).

“Makedonia Utara adalah tim bagus. Mereka pasti memanfaatkan uji coba ini untuk mengikuti turnamen di Eropa. Karakter permainan tim Eropa Timur melekat pada mereka,” tuturnya.

Sementara itu, Irfan Jauhari menyatakan kesiapannya untuk hadapi laga ini. Striker dari Bali United itu optimistis bisa melanjutkan tren positif.

“Tentu kami seperti biasa terus melakukan persiapan yang baik jelang menghadapi Makedonia Utara. Kami akan berjuang keras dan meraih hasil terbaik melawan mereka,” ujarnya.

Timnas U-19 sudah melakukan TC di Kroasia sejak 30 Agustus 2020 lalu. Sejauh ini ada delapan uji coba yang telah dijalani. Dari jumlah tersebut, skuat asuhan Shin Tae-yong meraih tiga kemenangan, tiga kekalahan, dan dua kali imbang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *