Tips Memilih Investasi untuk Fresh Graduate Agar Langsung Untung

  • Whatsapp

Lulus kuliah, kita akan dihadapkan dengan berbagai tantangan baru, salah satunya dalam hal keuangan. Beberapa dari Anda mungkin mulai perlu membayar utang yang sebelumnya dipinjam untuk keperluan pendidikan. Selain itu, Anda juga mulai harus menanggung biaya kehidupan sehari-hari sendiri. Banyaknya tuntutan seperti ini bisa saja menjadi tekanan yang berat bagi Anda dalam memulai investasi seperti investasi deposito, saham, reksadana dan lainnya untuk fresh graduate.

Read More

Kesadaran untuk memulai investasi sepertinya sudah dimiliki oleh anak-anak muda. Para lulusan baru dari universitas atau fresh graduate pun sudah berpikir untuk melakukan investasi. Namun mayoritas anak muda hanya menyimpan uangnya di dalam tabungan. Sebenarnya, menabung juga bukanlah hal yang salah. Namun, tak ada salahnya menyisihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi di masa depan. Jika Anda adalah salah satu dari mereka, sebelum memulai berinvestasi, Anda perlu membaca tips investasi untuk fresh graduate berikut ini.

Mencari Informasi Mengenai Jenis Investasi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menambah pengetahuan mengenai investasi. Carilah sebanyak mungkin informasi mengenai investasi. Misalnya jika Anda ingin berinvestasi di platform peer to peer lending maka carilah info p2p lending paling menguntungkan serta aman.

Anda bisa mencari berbagai macam pengetahuan dengan memanfaatkan internet. Anda tidak perlu lagi membeli buku atau menyelusuri perpustakaan untuk mendapatkan informasi.

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan dari Jenis Investasi

Jika sudah mengenali berbagai jenis instrumen investasi, Anda perlu menggali lebih dalam mengenai instrumen tersebut. Anda harus mengetahui apa saja kelebihan dari investasi tersebut dan apa keuntungannya. Selanjutnya, Anda bisa mencari tahu kekurangan investasi tersebut dan risiko yang harus dihadapi. Dengan mengetahui kelebihan, keuntungan, kekurangan, dan risiko yang harus dihadapi, Anda bisa melakukan perbandingan antara instrumen investasi yang satu dengan instrumen yang lain.

Menentukan Goal

Dalam memilih produk investasi seperti main saham, reksadana, kripto dan lainnya yang terpenting seorang fresh graduate harus menentukan goal finansial. Maksudnya, harus menentukan apa kebutuhan yang akan dicapai dengan menggunakan investasi. Berdasarkan waktu pencapaiannya, tujuan atau goal dibagi menjadi dua. Tujuan jangka panjang adalah kebutuhan atau tujuan yang ingin dicapai 5 tahun dari sekarang atau lebih. Tujuan tersebut bisa berupa membeli rumah pribadi, menikah, dan atau mempersiapkan dana pensiun.

Sebaliknya, tujuan jangka pendek adalah goal yang akan dicapai kurang dari 5 tahun dari sekarang. Tujuan ini bisa berupa membeli gadget baru, liburan akhir tahun bersama keluarga, dan sebagainya. Tujuan jangka pendek ini bisa diraih dengan mengandalkan investasi jangka pendek.

Akan ada banyak investasi yang dapat dilakukan jika memang sungguh-sungguh menginginkannya. Pastikan untuk terus menggali informasi tersebut, sehingga akan lebih yakin dalam memilih jenis investasi mana yang akan dipilih.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan fresh graduate sebelum berinvestasi. Jadi, tunggu apalagi? Mulailah berinvestasi sekarang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *